Menkominfo Ungkap Jenis Pekerjaan yang Bakal Muncul Di Era Teknologi

Menkominfo Ungkap Jenis Pekerjaan

Menkominfo Ungkap Jenis Pekerjaan yang Bakal Muncul karena Adopsi Teknologi – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitasnya, mengingat prediksi akan banyak jenis pekerjaan baru melalui adopsi teknologi.

Johnny mengatakan Sabtu lalu bahwa 85 juta pekerjaan lama diperkirakan akan hilang dan 97 juta pekerjaan baru kemungkinan akan tercipta.

“Ini karena adanya pembagian kerja antara manusia, mesin dan algoritma,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (26/1/2022).

“Ini membutuhkan peningkatan digital skill dan soft skill,” lanjut Johnny.

Menurut laporan The Future of Jobs, World Economic Forum, pada tahun 2025, 43 persen pelaku industri akan memangkas atau mengurangi tenaga kerja mereka sebagai akibat dari penerapan integrasi teknologi.

Menkominfo Ungkap Jenis Pekerjaan

Jenis pekerjaan baru muncul

Menurut Menkominfo, Menkominfo Ungkap Jenis Pekerjaan peningkatan digital skill dan soft skill sejalan dengan perkembangan teknologi bagi penduduk yang bekerja, khususnya generasi muda, dapat dilakukan melalui upskilling dan retraining.

“Jenis pekerjaan baru yang muncul dan semakin diminati antara lain analis dan ilmuwan data, spesialis big data, spesialis kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, spesialis pemasaran dan strategi digital,” kata Johnny.

Selain itu, kata Johnny, ada beberapa jenis pekerjaan lain yang diprediksi akan berkembang di masa mendatang.

Pekerjaan termasuk insinyur energi terbarukan, spesialis otomatisasi proses, spesialis internet hal, spesialis transformasi digital, layanan bisnis dan manajer administrasi; dan profesional pengembangan bisnis.

Johnny mengungkapkan, di bawah Presiden Joko Widodo periode 2019-2024, pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu poin penting pemerintah.

Pembangunan infrastruktur

Selain sumber daya manusia, pemerintah juga mempercepat pembangunan infrastruktur dan mengundang investasi seluas-luasnya untuk menciptakan lapangan kerja, reformasi birokrasi, dan anggaran negara yang tepat sasaran, terpisah dari pandemi Covid-19 saat ini.

Menurut Menkominfo, memasuki era transformasi digital, pembangunan infrastruktur digital telah dan sedang dipercepat oleh pemerintah dan mitra bisnis, serta harus menjadi pertimbangan dalam peningkatan kualitas tenaga kerja.

“Pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur digital, hanya akan optimal jika didukung oleh kapasitas sumber daya manusia Indonesia yang juga unggul dan berdaya saing,” kata Menkominfo.

“Karena kemajuan dan disrupsi digital terjadi dengan cepat, kita semua harus tetap adaptif, gesit, dan cepat berubah arah,” pungkasnya.

https://www.ristiagroup.co.id/

https://ctcultra.id/

https://grahainspirasi.id/

https://ruangbisnis.co.id/

https://barco.id/

https://papkis.id/

https://www.chiller.co.id/

https://ihsl.id/

Rate this post